Coba 10 Kunci Sukses Ini Untuk Memantau Fanpage Anda!

10 Tips Sukses Memantau Fanpage Facebook

Sudah membaca artikel Suka Main Medsos? Coba Fanpage Facebook Untuk Marketing!? Sudah menerapkannya? Mudah bukan? Memang membuat sebuah fanpage itu mudah, namun bagaimana dengan memantau fanpagenya?

Seringkali kita bingung bagaimana cara mengetahui agar fanpage yang sudah kita buat diminati oleh para pengguna Facebook lainnya atau tidak. Hal ini sangatlah penting, bisa anda bayangkan jika tak ada satupun orang yang berminat membeli atau menggunakan produk anda.

Untuk itu, memantau fanpage sangatlah penting bagi bisnis anda, terutama kedepannya. Oleh karena itu, disini saya akan berbagi sedikit tentang 10 kunci sukses dalam memantau Fanpage bisnis anda. Mari kita bahas satu persatu.

1.  Apakah mereka berinteraksi dengan konten Anda?

Cara yang paling mudah untuk memantau fanpage anda agar mengetahui bahwa pembaca tertarik dengan konten Anda adalah dengan mereka memberikan Like, Comment, atau bahkan Share.

Ketiga hal ini sangatlah bernilai, namun memiliki perbedaan kedudukan. Sebuah konten akan lebih bernilai ketika seseorang memberikan feedback dengan komentar daripada hanya memberi like, namun men-share jauh lebih bernilai dibandingkan hanya memberi komentar.

Mengapa? Karena ketika seseorang memberi like atau memberikan komentar terhadap konten Anda, tidak berarti bahwa konten juga akan tersebar ke teman mereka. Konten baru akan ditampilkan secara intens berdasarkan berapa banyak jumlah like dan komentar yang terpampang pada konten tersebut.

Apalagi jika pembaca men-share konten Anda. Dengan begitu orang tersebut secara khusus meminta Facebook untuk berbagi konten Anda dengan teman-temannya. Dengan begitu, konten Anda akan ditampilkan disetiap beranda teman orang yang men-share konten Anda. Dengan begitu, tidak dapat dipungkiri lagi bahwa share-lah yang memiliki kekuatan paling besar dibanding like dan comment.

2.  Seberapa cepat pertumbuhan fans Anda?

Penting? Tidak terlalu, tapi pasti Anda ingin melihat seberapa besar pertumbuhan peminat dari konten yang telah ada bukan?

Anda perlu mencari dan mendapatkan fans baru karena mungkin anda juga akan kehilangan fans lama. Kehilangan fans tidak menjadi masalah karena memang tidak semua orang akan menyukai konten yang Anda buat.

Facebook memberitahu Anda di mana sumber fans Anda tumbuh dan dapat melihat lebih rinci lagi dengan menggunakan statistik dari Facebook itu sendiri.

3.  Berapa banyak orang yang mendapat kesempatan melihat konten Anda?

Dalam hal ini, terbagi menjadi dua yaitu Impressions dan Reach. Impressions adalah jumlah tayangan konten Anda baik itu dari pembaca yang sama ataupun berbeda. Berbeda dengan Reach yang merupakan jumlah tayangan konten Anda hanya dari pembaca yang berbeda.

Kedua hal ini sama pentingnya. Impressions penting karena walaupun seseorang melihat konten, mereka mungkin tidak membacanya untuk pertama kali.

Reach juga penting. Karena Anda pasti ingin tahu, seberapa banyak fans berkesempatan untuk melihat konten jika mereka tidak berhubungan dengan konten Anda dalam jangka waktu yang lama.

5.  Kapan Saat Paling Tepat untuk Terjadinya Interaksi?

Seiring waktu, Anda akan melihat tren yang berhubungan ketika sebagian besar interaksi terjadi. Anda perlu menganalisis hal ini dalam jangka waktu yang lama, karena postingan yang di-share dapat memiliki dampak yang signifikan pada tingkat interaksi. Anda dapat menggunakan insight yang tersedia di fanspage Anda untuk mengecek tingkat interaksi.

6.  Apa yang Pengguna Lain Hasilkan Tentang Konten Anda?

Bagaimana jika semua konten Anda disebarkan oleh pengguna lain? Orang yang mengunjungi website Anda dan berbagi konten dari blog Anda ke Facebook akan meningkat. Orang-orang juga akan membaca tentang Anda dan berbagi konten untuk fans Anda. Hal ini sangat menguntungkan sekali bukan?

7.  Berapa Banyak Feedback Negatif yang Anda Dapatkan?

Bentuk feedback negatif dapat berupa komentar pada postingan Anda, atau penyembunyian semua iklan dari page mereka. Jika Anda mendapatkan feedback negatif secara berturut-turut, Anda harus melacak hal ini untuk melihat mengapa feedback negatif meningkat atau menurun.

Tetapi jika postingan Anda mendapat satu atau dua saja yang memberi feedback negatif, cukup dihapus saja.

8.  Seberapa Cepat Anda Menanggapi Komentar?

Semakin Anda aktif dalam berinteraksi dengan audiens, semakin terlibat juga mereka dengan merk dan konten Anda. Anda tentunya ingin memeriksa seberapa cepat Anda merespon komentar di page. Pastikan Anda membalas komentar secepat mungkin. Karena cepatnya respon akan terekam oleh alghoritma Facebook dan saat dimunculkan di fanspage bisa meningkatkan authority fanspage Anda.

9.  Jenis Audiens Seperti Apa yang Anda Bangun?

Membangun audiens sangatlah penting. Dapat diibaratkan seperti ini, Anda menawarkan dan menjual sebuah produk atau jasa dengan harga yang tinggi tetapi ternyata audiens Anda berpenghasilan menengah ke bawah, hal yang sangat salah bukan? Mungkin mereka berminat tetapi jika mereka tidak dapat membeli? Anda harus menentukan jenis audiens yang pas sesuai dengan konten yang dibuat.

10.  Berapa Banyak Kunjungan yang Anda Dapatkan?

Ada berbagai bentuk klik dari mulai klik pada gambar sampai klik untuk menonton video. Anda dapat berbagi link pada status update Anda ke situs web atau aplikasi yang berjalan pada Facebook untuk mendapatkan klik tersebut. Hal ini sangat penting karena klik juga menunjukkan jika pembaca tertarik dengan konten Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *