Sshhttt! Ini dia Strategi Rahasia Sukses Digital Marketing

Strategi Digital Marketing

Setelah saya membahas tentang Keahlian Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Digital Marketer, kini saya akan membahas Strategi Sukses menjadi seorang Digital Marketer. Karena keahlian saja tak cukup, kita juga membutuhkan suatu strategi bagaimana pemasaran itu akan berjalan. So, mari kita bahas!

Apa yang biasa anda lakukan jika ingin meningkatkan pendapatan? Melakukan Promosi? Upgrade produk anda? Ya, semua itu memang penting untuk dilakukan untuk meningkatkan pendapatan anda. Namun, jika tidak dilengkapi dengan strategi digital marketing yang terkoordinasi, kemungkinan besar tidak akan membuahkan hasil seperti yang Anda inginkan.

Untuk itulah Anda membutuhkan sebuah strategi untuk mengatur akan kemana Anda melaju. Jika kita melihat perusahaa-perusahaan besar, Anda mungkin dapat dengan cepat menyadari bahwa mereka juga memiliki strategi digital marketing yang gesit tetapi terkoordinasi yang memungkinkan kesuksesan mereka.

Jika bisnis Anda ingin sukses di dunia yang saat ini sangat terhubung, kompleks, dan terus berubah, strategi digital marketing Anda perlu dirancang sedemikian rupa sehingga memungkinkan tercapainya keberhasilan.

Untuk itulah sebabnya hari ini kita akan melihat faktor-faktor apa yang perlu Anda pertimbangkan untuk menciptakan hasil yang sukses dengan strategi digital marketing.

Tujuan Marketing

Tentu saja, tujuan merupakan hal yang paling utama untuk mencapai kunci sukses. Bagaimana bisa anda menentukan apakah strategi digital marketing anda berhasil atau tidak jika Anda tidak memiliki tujuan.

Banyak sekali tujuan yang bisa anda tiru. Namun, sebagian besar tujuan umumnya berada dalam salah satu dari 3 kategori berikut :

  • Kesadaran merek
  • Pemimpin dan pengguna
  • Pendapatan

Tujuan anda bagaikan sebuah pondasi bangunan kedepannya, so pilih dengan hati-hati.

Indikator Kinerja

Setelah Anda memilih tujuan Anda, penting untuk memilih indikator kinerja yang dapat segera memberi tahu Anda apakah upaya pemasaran Anda membuahkan hasil seperti yang Anda inginkan atau tidak.

Misalnya, jika tujuan Anda adalah meningkatkan jumlah pelanggan email, Anda dapat melakukannya dengan mengukur pertumbuhan pelanggan email baru. Setelah Anda memilih indikator kinerja, Anda dapat membuat sebuah dasbor untuk meminta bantuan tim Anda dan menjaga upaya digital marketing secara langsung setiap saat dan terus-menerus mengoptimalkannya.

Tracking

Banyak sekali orang yang telah melakukan pemasaran namun tak tahu apakah mereka telah berhasil atau belum. Hal ini disebabkan karena mereka tak pernah melakukan pelacakan (tracking) pada pemasaran mereka.

Itulah sebabnya Anda perlu memastikan pelacakan Anda telah diatur dengan benar sebelum Anda mulai menginvestasikan banyak uang dalam melaksanakan strategi pemasaran digital Anda.

Jangan membuat kesalahan dengan menganggap enteng pelacakan ini, Anda akan berterima kasih nantinya.

Target Audiens

Mungkin ini adalah hal paling penting dalam sebuah pemasaran. Karena jika Anda salah menargetkan audiens, ingin seberapa baik produk anda atau seberapa cantik iklan Anda, mereka tak akan peduli.

Pikirkan baik-baik tentang audiens macam apa yang ingin Anda targetkan untuk bisnis Anda. Tak ada salahnya juga menggunakan tool yang sudah tersedia, setidaknya dapat membantu Anda meneliti audiens target ideal Anda.

Anda dapat memanfaatkan Facebook Audience Insights,  Similarweb, atau menggunakan alat Google, untuk membantu Anda meningkatkan peluang untuk mengubah strategi digital marketing Anda menjadi sukses dengan menargetkan audiens yang tepat.

Channel Pemasaran

Dengan kedatangan internet, jumlah channel pemasaran semakin banyak. Baik itu mesin pencari dengan SEO dan bayar per klik, pemasaran email, push notification, aplikasi, tampilan, media sosial dengan Facebook, Instagram, Twitter, dan banyak lainnya. Selain itu, channel baru juga akan terus bermunculan.

Mungkin sulit menentukan saluran pemasaran mana yang tepat untuk fokus pada bisnis Anda karena saluran yang berbeda kebanyakan memiliki khalayak target dan karakteristik yang berbeda. Kecuali, tentu saja Google dan Facebook, yang keduanya memiliki jangkauan yang sangat luas.

Kesimpulan

Digital marketing terus menerus berkembang dan berubah. Tumbuh semakin kompleks. Agar anda bisa berhasi berhasil, Anda harus gesit, mau mempelajari pendekatan, metodologi, dan strategi baru, dan jika perlu pelajari kembali.

Apa yang berhasil kemarin tidak akan bekerja hari ini dan yang bekerja hari ini tidak akan bekerja besok. Namun, jika Anda mempertimbangkan faktor-faktor yang diuraikan dalam postingan ini, setidaknya Anda dapat meningkatkan persentase keberhasilan pemasaran digital perusahaan Anda.

2 Comments on “Sshhttt! Ini dia Strategi Rahasia Sukses Digital Marketing

  1. Pingback: Jaga Sikap! Perhatikan Sikap Ini Jika Ingin Menjadi Marketer Sukses

  2. Pingback: Suka Main Medsos? Coba Fanpage Facebook Untuk Marketing! | Digital Marketing Kuningan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *